Rincian Biaya Jasa Pembuatan Website Perusahaan (2019)

Rincian-Biaya-Jasa-Pembuatan-Website-Perusahaan-besar
Rincian-Biaya-Jasa-Pembuatan-Website-Perusahaan-besar

Peralihan dari pemasaran offline ke online membuat hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki website sendiri. Website perusahaan ini berfungsi sebagai media branding, media pemasaran online, media berkomunikasi dengan klien, display produk, media transaksi, media pencitraan, dll.

Para pebisnis yang tertarik beralih ke dunia digital marketing pun bertanya, “Berapa biaya jasa pembuatan website perusahaan?“. Saat ini harga pembuatan website perusahaan itu berkisar antara 2.500.000-250.000.000 rupiah. Biaya pembuatan tersebut ditentukan oleh jenis platform untuk membangun website dan seberapa rumit fitur yang di inginkan oleh pebisnis dalam upaya mendukung pemasaran onlinenya.

Saya akan membahas detail tentang perkiraan rincian biayanya. Rincian ini untuk memberi gambaran agar Anda tidak kaget saat bertemu dengan agen jasa pembuatan website perusahaan.

Biaya Berbagai Jenis Website Perusahaan

Saat ini di Indonesia banyak bermunculan perusahaan dari berbagai lini bisnis. Untuk memudahkan pembahasan saya akan membagi website perusahaan ini menjadi 3 jenis, yaitu:

1. Website bisnis untuk perusahaan skala kecil

Bisnis yang masih skala kecil tidak terlalu membutuhkan website yang kompleks. Mereka hanya butuh jasa/produk/informasi mereka dapat di akses secara online. Ciri-ciri kebutuhan website tipe pertama ini adalah:

  • Pemilik bisnis hanya ingin menampilkan informasi mendasar dari bisnisnya, seperti lokasi perusahaan, produk/jasa, nomor WA/telepon yang bisa dihubungi, livechat dan profil perusahaan.
  • Sangat sedikit kustomisasi website yang dibutuhkan. Hal ini karena pemilik bisnis belum merasa butuh dan visitor online mereka belum terlalu besar.
  • Biasanya website kurang dari 20 halaman.
  • Memiliki sedikit stock foto, mungkin hanya foto berkaitan jasa atau produk perusahaan, profil perusahaan dan prestasi perusahaan.

Untuk membuat website bisnis untuk perusahaan skala kecil dengan kebutuhan seperti diatas biaya yang perlu Anda keluarkan berkisar 2.500.000 – 8.000.000 rupiah.

Rincian spesifikasi websitenya sebagai berikut:

Rincian-biaya-pembuatan-website-untuk-perusahaan-skala-kecil
Rincian biaya pembuatan website untuk perusahaan skala kecil

*Disclaimer:

  1. Analisa biaya ini hanya untuk membantu memperkirakan budget Anda, bukan untuk menghakimi para penyedia jasa pembuatan website.
  2. Perbedaan harga tergantung dari kualitas keahlian, pengalaman dan spesifikasi jasa layanan dari masing-masing penyedia jasa.
  3. Semakin berkualitas agensi pembuatan website perusahaan semakin mahal biaya yang akan Anda keluarkan untuk jasa desain website dan jasa optimasi website.

Namun, Anda tidak perlu khawatir.

Saya yakin investasi yang Anda keluarkan untuk membuat website perusahaan dan branding online, akan membuat bisnis Anda semakin terkenal sampai keseluruh pelosok indonesia. Website Anda akan menjadi aset masa depan Anda dan perusahaan Anda.

Tips Hemat Biaya:

1. Hanya menyewa jasa pembuatan dan desain website perusahaan saja.

Apabila Anda ingin berhemat, Anda dapat menyewa jasa pembuatan website dan jasa desainnya saja. Harga untuk jasa tersebut dipasaran sekitar 2.000.000 sampai 3.500.000.

Namun, Anda harus tetap melakukan pembuatan konten marketing, promosi online di sosial media, dan mengoptimasi website agar SEO friendly dengan tim Anda sendiri.

2. Belilah satu paket bundle dari agensi yang sudah ternama.

Membeli paket bundle jasa pembuatan dan desain website perusahaan akan menghemat banyak uang dan waktu Anda. Pihak agensi jasa pembuatan website perusahaan biasanya sudah bekerjasama dengan pihak penyedia layanan hosting dan registrasi domain, sehingga mereka mendapatkan harga yang lebih murah.

Berdasarkan pengalaman saya, dalam membeli paket bundle dari agensi web development, saya dapat berhemat 20-30% dari total biaya pembuatan website perusahaan.

3. Latihlah karyawan Anda untuk bisa mengoperasikan dan maintenance website.

Dari daftar rincian diatas, Anda dapat melihat ada biaya untuk instalasi website, jasa mantenance dan jasa publish artikel. Biaya ini menjadi biaya tetap bagi website Anda setiap tahun.

Jika Anda ingin berhemat, jangan terlalu bergantung kepada jasa pihak ketiga. Mulailah melatih karyawan Anda untuk dapat menghandle tugas-tugas krusial di wbsite bisnis Anda. Jika perlu, Anda dapat mulai membuat departemen baru terkait teknisi website/support website.

2. Website bisnis untuk perusahaan skala menengah

Bisnis yang sudah skala menengah sudah membutuhkan sebuah website yang memiliki sistem yang kompleks. Mereka membutuhkan content management system (CMS) yang di kustom sesuai keperluan pelanggan, reseller, tim marketing, tim web maintenance, tim auditor dan tim marketing online.

Setiap bagian pengguna website memiliki otoritas masing-masing terhadap akses di dalam website. Perusahaan tipe kedua ini paham tentang seluk belum internet marketing secara umum.

Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk mengedukasi mereka tentang pemasaran online melalui website. Mereka juga terbuka dengan ide-ide inovatif dan nasihat dari praktisi digital marketing.

Perusahaan tipe kedua ini membutuhkan sebuah website yang powerfull untuk menunjang kebutuhan mereka. Ciri-ciri kebutuhan website tipe kedua ini adalah:

  • Pemilik bisnis ingin membuat website yang memiliki authority tinggi di search engine. Dia ingin mendominasi bisnis melalui pemasaran online.
  • Pemilik bisnis sudah paham tentang internet marketing, sistem jual beli online dan sudah memiliki gambaran platform website yang dia kehendaki.
  • Website akan membutuhkan banyak kustomisasi dari segi CMS, back end dan front end website.
  • Mereka butuh web development yang berpengalaman dan paham tentang teknologi baru di dunia digital marketing, misal pengintegrasian website dengan layanan fintech.
  • Biasanya website sudah berisi lebih dari 75 post konten marketing yang tertarget.
  • Memiliki tim marketing online yang akan mengoperasikan website setelah website perusahaan selesai di buat.

Untuk membuat website bisnis untuk perusahaan skala menengah dengan kebutuhan seperti diatas, biaya yang perlu Anda keluarkan berkisar 7.500.000 – 75.000.000 rupiah.

Rincian spesifikasi websitenya sebagai berikut:

Rincian-biaya-pembuatan-website-untuk-perusahaan-skala-menengah
Rincian biaya pembuatan website untuk perusahaan skala menengah

*Disclaimer:

  1. Analisa biaya ini hanya untuk membantu memperkirakan budget Anda, bukan untuk membandingkan harga para penyedia jasa pembuatan website perusahaan.
  2. Perbedaan harga tergantung dari kualitas hasil, keahlian, pengalaman dan spesifikasi jasa layanan dari masing-masing penyedia jasa.
  3. Semakin berkualitas agensi pembuatan website perusahaan semakin mahal biaya yang akan Anda keluarkan untuk jasa desain website dan jasa optimasi website.
  4. Anda perlu mendiskusikan kebutuhan Anda dengan tim web development yang Anda sewa. Semakin rumit teknologi yang Anda gunakan untuk menjalankan website Anda, semakin mahal biaya pembuatannya.

Bagi perusahaan skala menengah menginvestasikan uang sebesar itu hanyalah hal kecil. Mereka akan dengan mudah mendapatkan sejumlah uang tersebut kembali dalam waktu singkat. Penjualan dan keuntungan perusahaan akan meningkat tajam saat website mereka mulai terkenal dan dapat pelanggan baru dari seluruh indonesia atau bahkan mendapat rekanan export ke luar negeri.

Tips Hemat Biaya:

1. Belilah dari agensi jasa pembuatan website yang memiliki badan hukum

Anda mungkin ingin menghemat pengeluaran Anda dengan cara merekrut freelance. Namun, saya tidak menyarankan hal tersebut. Kecuali, Anda memiliki tim ahli IT yang pintar dalam merekrut freelance dan ahli dalam memanajemen sebuah project besar.

Merekrut jasa agensi yang telah memiliki lembaga hukum akan memudahkan Anda saat terjadi sengketa di tengah jalannya proyek pembuatan website Anda. Jika Anda hanya mengandalkan freelancer, apabila hasil pekerjaan mereka berhenti ditengah jalan Anda akan sulit untuk mencari gantinya.

Berbeda dengan agensi yang sudah terbiasa menangani proyek besar, mereka sudah memiliki tim yang solid dan profesional dalam bekerja. Anda akan menghemat waktu dan uang Anda untuk jangka panjang.

2. Mulailah membentuk devisi Support Web

Website yang di buat untuk perusahaan besar pasti menggunakan arsitektur website yang rumit dan menggunakan platform yang terbaru, misal laravel & react. Anda perlu membentuk devisi support web.

Anda dapat membentuk tim inti didalam perusahaan Anda, dan mencari orang-orang pendukung dari situs freelance. Apabila Anda memiliki tim yang dapat melakukan maintenance dan support web sindiri, itu akan menghemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang.

3. Rekrutlah freshgraduate.

Merekrut freshgraduate yang belum memiliki pengalaman kerja, mempunyai plus dan minus untuk perusahaan Anda.

Kelebihan merekrut freshgraduate:

  1. Masih memiliki pemikiran yang fresh, up to date dan ambisius.
  2. Gaji minimum masih rendah karena belum berpengalaman kerja.
  3. Lebih energik dan tahan banting.

Kekurangan merekrut freshgraduate:

  1. Mereka belum memiliki pengalaman kerja, sehingga perlu melakukan training terlebih dahulu.
  2. Tidak siap untuk ditugaskan dalam proyek besar perusahaan.
  3. Mereka belum siap mengabdi, karena pemikiran mereka masih labil dalam meniti karir dan pasion mereka.

Dari kelebihan dan kekurangan diatas, apabila Anda dapat melihat dalam jangka panjang, freshgraduate memiliki potensi besar dalam menghemat pengeluaran perusahaan Anda di masa mendatang.

3. Website bisnis untuk perusahaan skala besar

Bisnis yang sudah skala besar sudah memiliki tim khusus dalam pemasaran online. Mereka mengkaji terlebih dahulu untuk menentukan strategi dan positioning website perusahaan mereka dalam pasar yang mereka bidik.

Perusahaan skala besar akan mencari sebuah agensi berbadan hukum yang memiliki tim web developer terbaik. Mereka ingin strategi bisnis online mereka sukses. Untuk dapat mewujudkan misi tersebut mereka berani membayar lebih untuk mendapatkan yang terbaik.

Perusahaan berskala besar memerlukan website yang bisa terintegrasi dengan berbagai layanan fintech, aplikasi vendor, layanan perusahaan, layanan customer service dan mempermudah mereka dalam menancapkan brand perusahaan mereka kepada para pelanggan.

Perusahaan skala besar telah memiliki tim penasihat di bidang digital marketing. Mereka juga sudah memiliki devisi IT & support, namun belum memiliki talent yang mampu mewujudkan terobosan baru pemasaran online mereka.

Sehingga perusahaan ini memilih jalan pintas untuk merekrut profesional dari luar perusahaan untuk mengerjakan proyek yang mereka bidik sebagai target kesuksesan mereka. Ciri-ciri kebutuhan website tipe kedua ini adalah:

  • Pemilik bisnis ingin membuat website yang memiliki authority tinggi di search engine. Dia ingin mendominasi bisnis melalui pemasaran online berbasis paid traffic maupun SEO search engine.
  • Pemilik bisnis memiliki penasihat di bidang internet marketing dan jual beli online sehingga dia paham inovasi yang harus ada dalam website perusahaannya.
  • Website akan membutuhkan banyak kustomisasi dari segi CMS, back end dan front end website. Bahkan mereka akan membuat berbagai teknik marketing online baru yang mungkin belum terbayangkan oleh masyarakat saat ini.
  • Biasanya website sudah berisi lebih dari 250 post konten marketing yang tertarget.
  • Memiliki tim penasihat, tim pelaksana, tim maintenance dan support IT untuk mengoperasikan website setelah website perusahaan selesai di buat.

Untuk membuat website bisnis untuk perusahaan skala menengah dengan kebutuhan seperti diatas, biaya yang perlu Anda keluarkan berkisar 80.000.000 – 250.000.000 rupiah.

Rincian spesifikasi websitenya sebagai berikut:

Rincian-biaya-pembuatan-website-untuk-perusahaan-skala-besar
Rincian biaya pembuatan website untuk perusahaan skala besar

*Disclaimer:

  1. Analisa biaya ini hanya untuk membantu memperkirakan budget Anda, bukan untuk membandingkan harga para penyedia jasa pembuatan website perusahaan.
  2. Perbedaan harga tergantung dari kualitas hasil, keahlian, pengalaman dan spesifikasi jasa layanan dari masing-masing penyedia jasa.
  3. Semakin berkualitas agensi pembuatan website perusahaan semakin mahal biaya yang akan Anda keluarkan untuk jasa desain website dan jasa optimasi website.
  4. Semakin rumit teknologi yang Anda gunakan untuk menjalankan website Anda, semakin mahal biaya pembuatannya.

Bagi perusahaan skala besar menginvestasikan uang ratusan juta untuk asset jangka panjang perusahaan adalah kewajiban. Mereka ingin perusahaan mereka tetap bertahan dan beradaptasi disetiap era. Fokus utama mereka adalah membangun bisnis yang berkelanjutan.

Tips Hemat Biaya:

Untuk para pemilik bisnis yang ingin membuat website tipe ketiga ini, saya tidak memiliki banyak saran, hal ini dikarenakan mereka sudah memiliki tim penasihat digital marketing. Jadi bila Anda ingin menghemat biaya, gali segala hal tentang teknik penghematan biaya proyek website Anda dari penasihat digital Anda.

Kesimpulan

Biaya jasa pembuatan website itu tidak dapat dipatok sama rata. Harga murah diberbagai kalangan itu relatif. Hal ini disebabkan fitur dan kerumitan website yang diinginkan oleh setiap pemilik bisnis itu berbeda-beda. Jadi Anda harus bijak dalam menakar nilai dari jasa pembuatan website yang Anda pakai.

Rincian biaya jasa pembuatan website yang saya bahas ini hanya gambaran dasar untuk Anda yang belum mengetahui alasan kenapa jasa pembuatan website perusahaan itu mahal.

Anda tertarik dengan membuat website perusahaan tipe yang mana? Tolong tulis pendapat dan pengalaman Anda di kolom komentar.

Tinggalkan komentar