Home » Blog » Plugin Akismet: pengertian, kelebihan, setting dan aktivasi

Plugin Akismet: pengertian, kelebihan, setting dan aktivasi

| | Category

Saat ini di dunia maya, banyak sekali konten-konten berbahaya yang dapat masuk kedalam website kita seperti spam, malicious dan virus. Kadang sebagai orang awam kita tidak tahu mana data yang berbahaya dan mana data yang aman. Untuk mencegah data spam dan malicious menyebar ke website kita. saya merekomendasikan untuk menggunakan plugin akismet anti-spam.

Plugin akismet anti-spam merupakan plugin website berbasis wordpress yang berfungsi untuk memeriksa komentar dan pengiriman formulir kontak (contact form submissions). Data komentar dan formulir kontak akan dianalisa menggunakan basis data “global database of spam“ dari akismet untuk mencegah website kita mempublikasikan konten yang berbahaya. Akismet anti-spam akan melindungi website kita dari spamming, tautan malicious dan konten berbahaya. Saat ini Akismet anti-spam sudah menggunakan teknologi “Artificial Intelligence”, sehingga dia dapat mencocokkan pola komentar spamming, malicious dan virus secara realtime.

Anda dapat melihat hasil tangkapan akismet melalui dashboard website Anda. Daftar konten yang di tandai oleh akismet terindikasi mengandung konten yang merugikan website Anda. Anda dapat melakukan pengecekan secara manual untuk mengkonfirmasi setiap komentar atau formulir kontak yang masuk.

Sekilas Tentang Akismet Anti-Spam

Data-pemakaian-plugin-akismet-anti-spam-versi-terbaru
Data Pengguna Akismet Anti-Spam 2019

Akismet Anti-Spam merupakan layanan penyaringan komentar spam. Akismet berasal dari nama Automattic dan Kismet. Auttomatic adalah perusahaan di belakang Akismet yang didirikan oleh co-founder WordPress Matt Mullenweg.

Semakin maraknya fenomena spamming yang membuat ekosistem blogging menjadi keruh, membuat Matt Mullenweg menciptakan plugin yang dapat membantu pemeilik website berbasis wordpress untuk memfilter komentar spam.

Akismet menangkap komentar blog dan spam pingback menggunakan artifisial intelegence(AI) mereka. AI ini belajar dari kesalahannya dan dari tindakan yang diambil oleh situs web yang berpartisipasi. Misalnya, ketika sejumlah situs web mulai melaporkan konten yang mirip dengan spam, maka Akismet akan belajar mengidentifikasi konten semacam itu sebagai SPAM di masa mendatang. Pada 16 Juni 2019, Akismet telah menangkap lebih dari 474 Miliar komentar spam.

Saat ini plugin Akismet Anti-Spam telah memasuki versi 4.1.2 dan telah digunakan secara aktif oleh lebih dari 5 juta pengguna. Plugin ini kompatibel dengan wordpress versi 4.0 atau lebih tinggi. Plugin akismet anti-spam sudah dapat mendukung penggunaan 64 languages. Bahasa indonesia termasuk salah satu diantaranya.

Kelebihan Fitur Dari Plugin Akismet

  1. Secara otomasi akan mencocokan dan menganalisa setiap komentar yang masuk kedalam website dengan “global database of spam akismet”. Semua komentar yang terindikasi spam atau mengandung konten malicious akan di filter.
  2. Setiap komentar yang masuk ke website kita memiliki riwayat, kronologi dan status. Anda dapat dengan mudah mengetahui dan mengecek setiap komentar yang ditangkap atau dihapus oleh akismet. Anda juga dapat melihat setiap komentar yang dibajak atau tidak diperlihatkan oleh moderator.
  3. Akismet akan menampilkan URL di badan komentar untuk memperlihatkan tautan yang tersembunyi/mencurigakan. Sehingga Anda akan lebih waspada terhadap link malicious.
  4. Memiliki pengaturan moderator yang dapat melihat jumlah komentar yang disetujui untuk setiap pengguna.
  5. Memiliki fitur otomatis untuk membuang/memblokir komentar spam yang buruk, sehingga menghemat ruang penyimpanan server Anda dan mempercepat loading website Anda.

Cara Setting Akismet Anti-Spam

Cara menginstall plugin akismet anti-spam di wordpress

Sebelum melakukan setting plugin akismet anti-spam Anda harus menginstall plugin ini terlebih dahulu di wordpress Anda.

Prosedur instalasinya sebagai berikut:

1. Login ke halaman admin dashboard wordpress Anda.

Login-ke-admin-wordpress
Tampilan Login WordPress

2. Cari dan klik menu plugins untuk memunculkan menu add new. Menu ini berada di samping kiri dashboard wordpress admin. kemudian klik menu add new.

Cara-menginstall-plugin-akismet-anti-spam-di-wordpress-01

3. Setelah itu isikan nama plugin yang ingin dicari “misal akismet anti-spam” pada kolom keyword. Proses lengkap secara berurutan seperti ini: klik plugin >> klik add new >> isikan “Akismet Anti-Spam” di kolom keyword.

Cara-menginstall-plugins-akismet-anti-spam-02

3. Klik Install Now

4. Klik Active

5. Proses instalasi selesai.

Hasil-akhir-setelah-plugin-akismet-terinstal-dengan-benar

Cara aktivasi plugin akismet anti-spam di wordpress

Setelah Anda berhasil melakukan instalasi plugin akismet anti-spam di website wordpress Anda, Anda harus melakukan aktivasi dan sinkronisasi plugin dengan global database of spam dan artificial intelegence dari akismet.

Kenapa harus di setting, diaktivasi dan disinkronisasi? Saat ini akismet berjalan menggunakan sistem pemantauan realtime, dimana AI dari akismet akan mencocokan pola kementar spam, malicious, virus ke database pusat akismet dan menentukan tindakan perlindungan yang tepat untuk website kita. Sehingga, semua proses perlindungan akismet dapat berjalan hampir serba otomatis.

Proses setting, aktivasi dan sinkronisasinya cukup mudah. Saya akan menjelaskannya langkah demi langkah agar Anda dapat mempraktekannya dengan benar.

Tahap #1: Pengaktifan plugin akismet anti-spam.

Apabila Anda sudah dapat mengikuti prosedur instalasi dengan benar, saat ini plugin akismet anti-spam Anda sudah aktif dan siap untuk di setting. Untuk masuk ke dalam menu setting lakukan perintah berikut: klik plugins >> installed plugin >> cari plugin dengan nama akismet >> klik setting.

Cara-masuk-menu-setting-plugin-akismet-anti-spam

Tahap #2: Mencari Akismet API Key

Setelah Anda mengklik menu setting di bawah nama plugin akismet, Anda akan dibawa ke halaman setting plugin akismet. Pada halaman ini Anda diminta untuk memasukkan API key dari produk akismet yang ingin Anda gunakan.

Jika Anda sudah memiliki code API key akismet, Anda dapat langung memasukan code tersebut pada kolom enter an API key dan setelah itu klik tombol connect with API Key. Namun, bagi Anda yang masih pemula dan belum memiliki code API Key akismet, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu dengan cara klik tombol get your API key.

Cara-mendapatkan-code-API-key-Akismet

Plugin akismes saat ini tersedia dalam 3 versi, yaitu versi personal (Gratis), plus (Berbayar) dan enterprise (Berbayar). Setiap versi memiliki tipe API key yang berbeda dan memiliki fitur yang berlainan.

Versi-lisensi-akismet-2019-personal-plus-enterprise-1
Tipe lisensi akismet Anti-spam: personal (gratis), plus dan enterprise (berbayar)

Versi Akismet Personal

Pada versi personal kita akan mendapatkan lisensi code API key akismet secara gratis setelah melakukan registrasi keanggotaan. Fitur yang kita dapat dari versi personal:

  1. Perlindungan komentar spam hanya untuk situs pribadi dan blog.
  2. Tidak mendapatkan support langsung dari akismet.
  3. Tidak mendapatkan dasboard “advanced stats”.

Versi Akismet Plus

Pada versi plus kita akan mendapatkan lisensi code API key akismet dengan membayar biaya langganan sebesar $5 per bulan dan per website. Anda dapat membayar biaya langganan ini menggunakan paypal ataupun credit card yang diakui secara internasional.

Sebagai anggota akismet plus, Anda akan mendapatkan fitur akismet anti-spam yang lebih keren, seperti:

  1. Perlindungan spam untuk situs dan blog profesional atau komersial.
  2. Perlindungan komentar spam secara realtime.
  3. Mendapatkan support langsung dari akismet apabila terdapat keluhan tentang serangan spam di website komersial Anda.
  4. Mendapatkan halaman dasboard “advanced stats” sehingga Anda lebih mudah memantau dan mengelola komentar spam yang masuk ke website komersial Anda.
  5. Mendapatkan “priority support” dan garansi kepuasan pelanggan.

Versi Akismet Enterprise

Pada versi enterprise kita akan mendapatkan lisensi code API key akismet dengan membayar biaya langganan sebesar $50 perbulan untuk unlimited website (jumlah website bebas). Anda dapat membayar biaya langganan ini menggunakan paypal ataupun credit card yang diakui secara internasional.

Sebagai anggota akismet enterprise atau kasta tertinggi keanggotaan akismet, Anda akan mendapatkan fitur akismet anti-spam yang spektakuler, seperti:

  1. Perlindungan spam untuk semua situs dan blog profesional atau komersial yang Anda miliki (Unlimited website).
  2. Perlindungan “bulletproof spam” untuk website dengan jaringan besar atau instalasi multisite.
  3. Mendapatkan support langsung dari akismet apabila terdapat keluhan tentang serangan spam di semua website komersial Anda yang telah terinstal akismet..
  4. Mendapatkan halaman dasboard “advanced stats” sehingga Anda lebih mudah memantau dan mengelola komentar spam yang masuk ke website komersial Anda.
  5. Mendapatkan “priority support” dan garansi kepuasan pelanggan.

3 Tips Memilih Paket Langganan Akismet

1. Pilihlah paket langganan akismet sesuai budget dan kebutuhan website Anda.

Jangan mementingkan ego untuk menuruti apa kata orang lain, pastikan Anda menggunakan layanan akismet yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Jangan menghambut-hamburkan uang Anda untuk membeli fungsi keren yang tidak Anda gunakan.

Paket Akismet Personal Cocok Untuk:

  1. Pengguna website personal dan blog pribadi yang memiliki visitor kurang dari 100.000 tayangan per bulan.
  2. Website yang tidak terlalu membutuhkan moderator untuk memfilter komentar secara manual.
  3. Website yang tidak memiliki visitor yang antusias untuk berinteraksi dengan pengelola website.

Paket Akismet Plus Cocok Untuk:

  1. Website profesional, dan website komersial yang telah memiliki branding kuat (authority website).
  2. Anda yang ingin membangun loyalitas audiens Anda dengan menciptakan ekosistem website yang baik untuk tanya jawab, sharing informasi dan membangun kredibilitas.
  3. Website yang memiliki visitor aktif dengan 100.000 – 300.000 tayangan per bulan. Website yang sudah memiliki page view di atas 100.000, memiliki interaksi komentar dengan fans/visitor secara intens dan sudah terbranding dengan sangat baik, pasti sudah memiliki penghasilan bulanan yang sangat mencukupi. Biaya langganan paket akismet plus akan menjadi aset jangka panjang yang sangat menguntungkan.
  4. Web master yang ingin mempermudah pengelolaan komentar spam dengan lebih mudah dan lebih sistematis.

Paket Akismet Enterprise Cocok Untuk:

  1. Website yang memiliki jaringan besar atau website dengan instalasi multisite.
  2. Website yang memiliki visitor aktif dengan lebih dari 300.000 tayangan per bulan. Visitor yang aktif berkomentar di situs berjaringan besar/multisite akan sangat susah untuk di kelola dengan sistem perlindungan spam biasa. Akismet telah menyediakan fitur terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tipe ini. Anda akan disediakan statistik pemantauan realtime yang canggih dan mudah di operasikan.
  3. Website perusahaan layanan yang berbasis end user dengan jumlah pemakai ratusan hingga jutaan user aktif setiap hari.
  4. Webmaster yang ditugasi untuk mengelola ekosistem sharing, komentar dan forum agar tetap terkontrol dan bebas dari serangan spam, malicious, dan link virus.

2. Cobalah fitur akismet secara bertahap mulai dari personal.

Jangan membeli kucing dalam karung. Pepatah ini memang sangat melegenda. Anda juga harus menerapkannya dalam memilih layanan akismet yang cocok untuk website Anda. Pertama jalankan paket akismet terendah sesuai kebutuhan Anda.

Setelah 1 bulan pemakaian lakukan evaluasi kinerja akismet dan lakukan pengambilan kesimpulan secara deduktif untuk menilai kebutuhan Anda secara khusus. Jika di rasa pakat akismet saat ini kurang meng”cover” kebutuhan website Anda, lakukan upgrade layanan untuk mendapatkan paket akismet yang lebih tinggi.

3. Jangan menggunakan plugin akismet bajakan.

Jika Anda belum memiliki dana yang cukup untuk berlangganan plugin akismet plus dan enterprise, jangan sekali-kali menggunakan plugin akismet bajakan/crack/nulled. Plugin bajakan/crack biasanya tidak disebar secara cuma-cuma, dibalik pembuatnya pasti memiliki tujuan.

Tujuannya biasanya memiliki maksud tidak baik, misal untuk mencuri informasi kartu kredit Anda, memata-matai website Anda, mengisipkan virus berbahaya dan bahkan memprogram code berbahaya yang dapat merusak website Anda. Sekali, lagi lebih baik menggunakan plugin akismet yang personal (gratis) yang berlisensi resmi dari pada plugin premium yang bajakan/crack dari sumber yang tidak kita tahu.

Tahap #3: Mendapatkan Lisensi API Key Akismet Personal

Disini saya akan sharing bagaimana cara saya mendapatkan lisensi API Key Akismet Personal secara gratis. Untuk tutorial cara berlangganan lisensi API Key akismet plus dan enterprise akan saya ulas di artikel yang berbeda.

Setelah Anda mengklik tombol “get your API Key” Anda akan diarahkan ke halaman https://akismet.com/wordpress/.

Pada halaman ini, Anda harus memilih paket akismet personal. Kenapa memilih paket itu?

Jika Anda ingin yang berbayar ya, silakan. Namun, khusus di artikel ini saya akan membagikan tutorial cara mendapatkan lisensi akismet gratis dengan paket personal.

Klik tombol “Get started with personal

Cara-mendapatkan-API-Key-Akismet-versi-personal-(gratis)
Paket Akismet Personal (Lisensi gratis untuk pemakaian blog/website pribadi)

Tahap #4: Registrasi akun akismet

Biarpun lisensi paket personal akismet gratis tapi pihak akismet tidak memberikan lisensi secara cuma-cuma, kita perlu mendaftarkan diri sebagai user akismet terlebih dahulu. Untuk dapat mendaftarkan diri Anda membutuhkan:

  1. E-mail yang masih aktif
  2. Nama user yang ingin Anda gunakan
  3. Password untuk masuk ke halaman keanggotaan akismet

Saya telah terbiasa menggunakan bahasa inggris, sehingga tutorial ini menggunakan akismet berbahasa inggris. Namun, bagi Anda yang lebih menyukai bahasa indonesia, saat ini akismet sudah tersedia dalam bahasa indonesia. Apabila Anda kesulitan mengikuti petunjuk akismet dalam bahasa inggris Anda dapat menggantinya dengan mengeklik tautan “Bahasa indonesia”.

Setelah halaman registrasi muncul segera isi kotak isian yang tertera disana:

  1. Your email address: isi dengan E-mail aktif yang sering Anda gunakan. Email ini nanti akan digunakan untuk aktivasi dalam proses registrasi keanggotaan akismet.
  2. Choose a username: isi dengan nama pemakai yang Anda inginkan, usahakan nama user yang agak panjang dan belum pernah dipakai orang lain. Anda dapat menambahkan kata-kata khusus atau angka untuk membuat nama user Anda lebih unik.
  3. Choose a password: isi dengan kata kunci yang telah Anda siapkan. Usahakan Anda ingat kata kunci Anda. Password akan selalu Anda gunakan untuk login kedalam halaman keanggotaan akismet.

Jika semua kelengkapan sudah di isi klik tombol “create your account

Cara-membuat-akun-akismet-untuk-mendapatkan-API-Key-paket-personal-gratis

Tahap #5: Verifikasi melalui e-mail

Segera setelah Anda menekan tombol “create your account“, Anda akan beralih ke halaman pengisian data diri dan biaya langganan. Disisi lain akismet juga akan mengirimkan link verifikasi keanggotaan ke alamat e-mail Anda. Link ini akan mengaktivasi keanggotaan Anda di Akismet dan WordPress secara bersamaan.

Kenapa bisa begitu?

Hal ini dikarenakan pemilik Akismet dan WordPress adalah perusahaan yang sama, jadi kedua layanan ini saling terintegrasi.

Jadi pada tahap ini kita akan melakukan 2 hal:

  1. Pengisian data diri
  2. Aktivasi melalui email

Pengisian halaman paket personal akismet

Anda harus berhati-hati pada halaman ini. Perhatikan tutorial secara cermat agar Anda dapat mendapatkan lisensi API Key akismet personal gratis tanpa mengisikan kartu kredit Anda.

Pertama, pada kolom ” What is Akismet worth to you? ” arahkan tombol $36/year kearah kiri sampai muncul tulisan $0/year.

Kedua, pada kolom ” Please verify by checking each box: “, centang aja ketiga pilihan tersebut.

Ketiga, pada kolom ” Personal Site URL where you will use Akismet ” isikan nama website yang ingin Anda pasangi akismet anti-spam.

Keempat, pada kolom “contact info“, isikan nama depan dan nama belakang Anda.

Kelima, jika semua kelengkapan sudah terisi, klik tombol “continue with personal subscription

Cara-mengisi-halaman-paket-personal-akismet-untuk-mendapatkan-lisensi-gratis

Aktivasi melalui e-mail

Buka e-mail dari wordpress.com yang berisi pemberitahuan aktivasi akun akismet. Kemudian klik tombol “activate account“.

Verifikasi-akismet-memalui-email

Tahap #6: Mengambil API Key Akismet Personal

Setelah Anda menyelesaikan tahap #5 dengan benar, Anda akan diarahkan ke halaman account Anda. Di halaman tersebut cari kolom akismet API Key dan salin semua code yang ada disana. Code ini nanti akan kita gunakan untuk aktivasi plugin akismet di website wordpress kita.

Akismet-API-Key-paket-personal
Tempat lisensi akismet API Key paket personal

Tahap #7: Menghubungkan plugin akismet di wordpress dengan AI Akismet

Buka halaman setting akismet di wordpress Anda: login ke admin wordpress >> klik plugins >> klik installed plugins >> klik tombol setting dibawah tulisan Akismet Anti-Spam >> Anda akan masuk kedalam halaman setting Akismet.

Cara-mendapatkan-code-API-key-Akismet
Isikan lisensi API Key akismet personal pada kolom enter an API Key

Setelah Anda masuk kedalam halaman setting plugin akismet, masukkan code lisensi API Key akismet personal yang telah Anda dapatkan secara gratis kedalam kolom “enter an API Key“. Setelah itu klik “connect with API key“.

Cara setting plugin akismet anti-spam di wordpress

Jika Anda sudah sampai tahap ini, selamat Anda telah berhasil mengaktivasi dan mengsinkronkan plugin akismet di website wordpress Anda dengan program AI akismet. Setelah plugin berhasil diaktivasi Anda akan masuk pada menu settingan standart dari plugin akismet.

Sebenarnya pengaturan standart ini sudah cukup untuk melindungi blog pribadi Anda dari serangan komentar spam. Berikut ini tampilan pengaturan standart bawaan plugin akismet.

Pengaturan-standart-bawaant-plugin-akismet-anti-spam
Pengaturan standart plugin akismet anti-spam

Anda dapat memodifikasi sesuai kebutuhan Anda. Namun, sebelum mengubah-ubah settingan dasar tersebut Anda harus tahu fungsi masing-masing pengaturan:

API Key

Berisi kode API Key dari paket akismet personal yang telah kita dapatkan secara gratis dengan mengikuti tutorial tahap 1-7.

Comment

Jika “Show the number of approved comments beside each comment author” di centang maka akan muncul angka dari komentar yang telah disetujui administrator di samping setiap komentar penulis. Sedangkan, apabila tidak di centang maka angka pemberitahuan berapa komentar yang telah di setujui tidak akan ditampilkan di samping setiap komentar penulis.

Strictness

Pada pengaturan ini ada dua pilihan.

  • Pertama, ” Silently discard the worst and most pervasive spam so I never see it. “. Apabila pengaturan ini di centang maka komentar yang teridentifikasi spam oleh AI Akismet anti-spam akan langsung di hapus tanpa pemberitahuan kepada Anda (komentar spam otomatis terhapus).
  • Kedua, ” Always put spam in the Spam folder for review. “. Apabila pengaturan ini di centang maka komentar yang teridentifikasi spam oleh AI Akismet akan di simpan secara otomatis di folder spam. Anda akan di beri waktu selama 15 hari untuk melakukan pengecekan manual apabila ada komentar yang menurut Anda bukan spam/malicious/virus. Jika komentar spam tetap berada di folder spam lebih dari 15 hari, akismet akan secara otomatis menghapus seluruh isi di folder spam.

Privacy

Akismet memberikan 2 pengaturan privacy untuk menampilkan dan menyembunyikan pemberihuan tentang aturan privacy notice. Secara default pengaturan ” Do not display privacy notice “ akan tercentang.

Saat-pengaturan-Do-not-display-privacy-notice-di-aktifkan
Pengaturan default akismet “Do not display privacy notice” aktif

WordPress membuat default karena tidak semua negara memerlukan privacy notice dibawah kolom komentar. Namun, jika sebagian besar visitor website Anda berasal dari uni-eropa / negara yang memberlakukan peraturan GDRP dan artikel-13, lebih baik Anda centang pada pengaturan “Display a privacy notice under your comment forms”.

Saat-pengaturan-Display-a-privacy-notice-under-your-comment-forms-diaktifkan
Saat pengaturan Display a privacy notice under your comment forms diaktifkan muncul link pemberitahuan.

Save Changes

Tombol untuk menyimpan semua perubahan yang telah Anda lakukan pada halaman setting akismet anti-spam Anda.

Disconnect this account

Tombol untuk mematikan koneksi API key akismet dari website wordpress Anda ke program AI spam protection akismet. Saya harap Anda jangan menyentuh tombol ini jika Anda tidak tahu fungsinya secara pasti.

Upgrade

Tombol yang berfungsi untuk melakukan upgrade layanan akismet dari paket personal ke paket yang lebih tinggi misal plus atau enterprise. Saat tombol upgrade Anda klik, Anda akan diarahkan ke halaman https://akismet.com/account/.

Tips untuk bagi pemula:

Jika Anda belum benar-benar tahu setiap fungsi pengaturan dalam akismet saya sarankan Anda menggunakan settingan default bawaan akismet saja.

Bagi Anda, yang sudah mengetahui dan memiliki gambaran berbagai fungsi pengaturan plugin akismet anti-spam, saya akan membagikan settingan saya untuk Anda secara gratis.

Settingan-plugin-akismet-anti-spam-yang-saya-gunakan
Settingan plugin akismet anti-spam yang saya gunakan

Saya telah banyak mendapatkan manfaat dengan settingan ini, dimana saya dapat melakukan audit komentar spam setiap 1-2 minggu sekali. Jika hasil audit saya tidak menemukan keanehan, maka saya membiarkan sistem akismet menghapus semua komentar di hari ke 16 secara otomatis.

Pengaturan ini juga membuat loading website lebih cepat karena tidak ada komentar spam dan tautan link yang tidak berbobot. Overall, saya puas dengan kinerja akismet. Sebagai penutup saya akan menampilkan hasil tangkapan akismet anti-spam saya selama beberapa bulan terakhir.

Hasil-tangkapan-plugin-akismet-anti-spam
Hasil tangkapan plugin akismet anti spam

Grafik tersebut menunjukan bahwa bulan april adalah bulan dimana website saya mendapatkan komentar spam dan malicious yang paling tinggi. Apakah saya panik? Oh tentu tidak, program AI akismet anti-spam sudah mengatasi semua permasalahan komentar spam, malicious dan tautan berbahaya di website saya.

Kesimpulan

Plugin akismet anti-spam merupakan plugin yang dapat memerangi komentar spam, malicious dan tautan berbahaya dengan sangat handal. Akismet telah dilengkapi teknologi artificial intelegence canggih yang dapat melindungi website kita dari komentar spam dan malicious secara realtime. Ada tiga versi akismet yang ada saat ini, yaitu versi personal, versi plus dan versi enterprise. Saya merekomendasikan plugin ini untuk memerangi perilaku komentar spam dan malicious.

Tinggalkan komentar